Wajib Coba, Ini Kuliner Khas Nan Unik Dari 6 Daerah Di Indonesia

Wajib Coba, Ini Kuliner Khas Nan Unik Dari 6 Daerah Di Indonesia

Indonesia tidak hanya akan budaya, tapi juga kaya akan kuliner khas dari masing-masing daerahnya. Hampir setiap kabupaten, kota, propinsi di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Inilah yang menjadikan Indonesia begitu kaya. Ada gudeg jogja, ada juga sate klatak Jogja. Ada sate padang, ada juga soto padang, dan masih banyak kuliner khas lainnya. 

Uniknya, meskipun memiliki bentuk atau nama yang sama, bisa jadi bumbu yang digunakan berbeda. Misalnya saja soto. Meskipun namanya sama-sama soto, soto dari makassar berbeda dengan soto dari daerah Jawa Tengah, baik dari bentuknya maupun dari bumbunya.
 

Berikut ini ada 7 kota di Indonesia dengan kuliner khas dari daerah tersebut yang harus kamu coba. Beberapa kuliner ini termasuk unik karena hanya ada di daerah itu saja.

1. Jogja
Jangan hanya gudeg yang kamu coba ketika mengunjungi kota ini. Kamu harus coba kuliner khas lainnya. Salah satu kuliner khas yang wajib kamu coba adalah sate klatak. Sate ini tidak sama dengan sate taichan atau sate-sate lainnya.

Untuk kamu yang belum tahu, apa itu sate taichan? Sate taichan adalah varian sate dari daging ayam yang dibakar tanpa menggunakan kecap dan sambal kacang sebagai bumbu satenya. Sedangkan sate klatak merupakan hidangan berupa sate kambing. Jika biasanya sate ditusuk menggunakan tusuk bambu, sate klatak Jogja ditusuk menggunakan besi.

Klatak sendiri diambil dari bahasa jawa, klathak, yang berarti kegiatan membakar sate di tempat pembakaran yang terbuka.

2. Banjarmasin
Jika kamu jalan-jalan ke Banjarmasin, ada soto khas Kalimantan Selatan yang wajib kamu coba yaitu soto banjar. Meskipun soto ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai kota di Indonesia, tentu rasanya akan berbeda jika bisa menikmatinya langsung di kota asalnya.

Soto khas Kalimantan ini sejenis soto ayam dengan aroma rempah yang khas, perpaduan antara kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Isiannya berupa ayam suwir, perkedel, kentang rebus, telur rebus, potongan wortel, dan juga ketupat.

3. Malang
Sekarang kita beralih ke Malang. Kalau kamu berkesempatan mengunjungi kota yang terkenal dengan buah apelnya ini, kamu wajib mencicipi kuliner khasnya, yaitu nasi goreng mawut atau dikenal juga dengan nasi mawut saja.

Sesuai namanya, kuliner khas Malang ini merupakan hidangan nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng dan sayur-sayuran. Rasanya sama enaknya dengan nasi goreng. Kehadiran mie goreng dan bumbu tambahan lainnya membuat kuliner ini semakin menggoyang lidah penikmatnya.

4. Padang
Kalau makan rendang dan sate padang sudah biasa bagimu, kamu bisa mencicipi nikmatnya Soto Padang jika berkunjung ke kota asalnya. Soto khas padang  berbeda dengan soto kebanyakan karena kuahnya terbuat dari kaldu sapi. Rasanya? Tidak kalah nikmat dengan masakan khas Padang lainnya.

5. Surabaya
Tidak mau ketinggalan dengan Malang yang memiliki nasi goreng khas, Surabaya juga memilikinya yaitu nasi goreng jancuk. Ini bukan varian nasi goreng seafood atau nasi goreng pete dari Surabaya. Yang membuatnya berbeda adalah citarasanya.

Nasi goreng khas Surabaya ini memiliki rasa yang sangat pedas hingga mampu membuat siapapun yang menikmatinya mengucapkan makian khas Jawa Timuran ini. Buat kamu para pecinta makanan pedas, berani coba kuliner yang hanya ada di Surabaya ini?

6. Bandung
Bandung juga memiliki kuliner soto yang khas, yaitu Soto Bandung. Berbeda dengan soto dari daerah lainnya, soto khas Bandung memiliki kuah yang bening karena tidak terbuat dari santan. Untuk isiannya, ada irisan daging sapi, lobak, tomat, dan kedelai goreng. Kuliner ini akan semakin terasa nikmat ketika disantap dengan nasi dan kerupuk.

Nah, itulah 6 kuliner unik dan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dari keenam kuliner khas yang sudah disebutkan, mana yang sudah kamu coba dan mana yang belum?


Makanan nusantara khususnya makanan yang berkuah kuah seperti soto

Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.