Istiqomah Menjadikan Pribadi Lebih Baik


Istiqomah Menjadikan Pribadi Lebih Baik


Istiqomah atau Istiqamah dalam pada dasarnya berarti berpendirian teguh atau bisa di katakan komitmen dan konsisten dalam suatu pekerjaan atau perbuatan kebaikan. Baik itu perbuatan kebaikan yang sifatnya ketuhanan maupun perbuatan baik untuk sesama makhluk yaitu saling tolong menolong.

Disini saya selaku penulis, bermaksud mengingatkan diri sendiri dan saudara yang membaca bagaimana cara agar kita bisa selalu istiqomah mencapai konsistensi dalam beribadah maupun melalukan perbuatan baik lainnya.


Baca Juga : Sayangilah Makhluk Yang Ada Di Bumi

Saya pernah mendengar suatu tausiah yang mengatakan “Ibadah yang paling baik adalah ibadah yang dilakukan dengan istiqomah”. Dari tausiah tersebut saya menanyakan kembali kepada ustadz atau orang menyampaikan kalimat tersebut, apakah ibadah yang dimaksud ibadah yang lama dilakukan atau ibadah yang dilakukan selalu bersama sama atau berjamaah. Ternyata penjelasan ustadz tersebut adalah ibadah yang dilakukan secara terus menerus dan konsiten meskipun itu sifatnya kecil, namun tidak mengabaikan kewajiban sebenarnya.

Misalkan, ibadah sholat 5 waktu itu wajib dan memang itu sudah ada anjuran dan larangannya bagi yang meninggalkan. Tapi yang dimaksudkan secara terus menerus disini adalah, suatu yang kita lakukan dengan menjadi kebiasaan tanpa ada paksaan dan tanpa keberatan yang menghasilkan kebaikan. Contohnya, kita bersedekah setiap hari lima ratus rupiah, mungkin di berbagai kalangan lima ratus rupiah ada yang menggap itu kecil atau bahkan itu hampir seperti tidak ada nilainya. Namun yang dinilai adalah kebiasaannya yaitu melakukannya setiap hari. 


Baca Juga :
Jangan Berharap Kepada Manusia!!!


Contoh lainnya yaitu, berbuat baik kepada orang tua baik dari perkataan yang dimana tidak menyakiti hati orang tua ataupun tidak merepotkan orang tua dengan beban yang kita lakukan, atau contoh sederhana lainnya yaitu membuang sampah pada tempatnya baik ada orang maupun tidak ada orang yang melihat.

Seperti itulah contoh sebuah konsisten atau istiqomah dalam beribadah atau berbuat baik. Jangan disalah artikan istiqomah itu sesuatu hal yang bersifatnya terus menerus atau konsisten namun mengarah kepada keburukan atau kejahatan.


Ali Bin Abi Thalib mengatakan "Istiqomah itu mengerjakan apa yang telah ditetapkan"
Mungkin kata "telah ditetapkan" yang di katakan oleh Ali Bin Abi Thalib tersebut mengandung arti dimana kita sendiri telah menetapkan mau melakukan apa dan berusaha untuk konsisten melakukannya. Memang mengerjakan istiqomah itu tidaklah mudah (berat) karena diperlukan namanya konsistensi dan komitmen yang kuat, namun istiqomah mempunyai hadiah yang besar pula bagi yang mengerjakannya.

Baik saya maupun saudara yang menbaca artikel ini, mari sama sama untuk konsisten dalam beribadah, berbuat kebaikan minimal untuk diri sendiri apalagi untuk orang lain.

Wallahu a'lam bish-shawab


Istiqomah adalah perbuatan yang memerlukan konsisten atau perbuatan yang terus menerus dilakukan.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.