Sayangilah Makhluk Yang Ada Di Bumi, Maka Makhluk Langit Juga Akan Menyayangimu

Sayangilah Makhluk Yang Ada Di Bumi, Maka Makhluk Langit Juga Akan Menyayangimu


Dari gambar diatas, kebanyakan atau sebagian besar di antar kita sering mendengar atau bahkan melihat kalimat “sayangilah makhluk yang ada di bumi, maka makhluk langit juga akan menyayangimu”.

Mungkin seperti kata pepatah atau mungkin sebuah kiasan, namun sebenarnya kalimat tersebut bermakna yang sangat dalam. Seperti sayangilah dibumi, artinya begitu luas karena ada kalimat makhluk yang bermakna semua ciptaan Allah seperti manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Saya selaku penulis, mengartikan dan menyimpulkan artinya ketika kita sebagai manusia hendaklah kita tidak semena mena atau sekendak kita terhadap makhluk lainnya, kita hendak nya berkasih sayang kepada makhluk lainnya, misalnya kita memberi makan binatang saat berada di warteg seperti kucing meskipun binatang tesebut bukan peliharaan kita atau mungkin binatang liar, namun hendaknya kita dengan baik memberi mereka sebagian makanan kita atau sisa makanan kita. Jika tidak diberi, maka suruhlah menjauh dengan baik tanpa melakukan kekerasan seperti memukul atau menendangnya.

Begitu juga dengan tumbuh-tumbuhan, hendaknya kita tidak sembarangan mencabut atau menebang pohon dengan sekendaknya, setidaknya kita harus memikirkan apakah tumbuhan atau pohon ini mengganggu atau merusak lingkungan atau tidak.
 

Memang kecil sepertinya 2 hal contoh di atas tadi, namun kadang kita tidak menyadari sikap kita sendiri saat kita melihat atau merasakan sendiri kejadian tersebut. Hendaknya kita sama sama mawas diri, mengingat diri dengan hal kecil tersebut. Siapa tau akibat atau perbuatan yang kita lakukan tersebut membuat Allah ridho atas kebaikan kita atau sebaliknya membuat Allah murka atas perbuatan kita tersebut.

Jika Allah ridho dengan apa yang kita kerjakan, kemunginan besar Allah akan memberikan kasih sayang-Nya kepada kita karena sudah berbaik hati kepada makhluk-Nya yang lain, sebaliknya jika kita melakukan kejahatan pada makhluk Allah, kemungkinan besar pula Allah akan menunjukkan murka-Nya kepada kita.

“Ketaatan terdapat keridhoan Allah, maksiat terdapat kemukaan Allah”. Mungkin kalimat itu juga yang cocok dan pantas untuk kita sebagai makhluk Allah.

Oleh karena itu, saya sebagai penulis mengingatkan diri sendiri maupun kepada saudara sekalian agar sama-sama menyayangi makhluk Allah lainnya. Karena di hadapan Allah kita semua sama, yaitu sama sama makhluk Nya, ciptaan Nya.


Semoga artikel ini bermanfaat, sama-sama untuk muhasabah diri agar menjadi manusia dan makhluk yang baik. Agar kelak nantinya kita juga akan di sayangi makhluk langit seperti hal nya kita menyayangi makhluk makhluk yang ada di bumi Nya Allah.
Wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.