Kenali 5 Cara Membasmi Rayap Secara Efektif

Kenali 5 Cara Membasmi Rayap Secara Efektif


Rayap seringkali menjadi musuh utama peralatan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Cara kerja mesin cuci piring Anda bisa terganggu apabila ada hama rayap di rumah. Padahal fungsi mesin cuci piring itu sangat rentan dalam urusan rumah tangga. Dalam hal ini, menata rumah bersih perlu dilakukan sekaligus upaya basmi rayap. Biasanya rayap dianggap sebagai serangga, maka kebersihan rumah harus dijaga dengan baik.

Sebagai contoh membersihkan bagian dalam rumah menggunakan desinfektan. Tentang desinfektan sendiri dapat Anda beli di supermarket terdekat di rumah Anda. Selain itu, hilangkan sepatu bau, hilangkan bau pada kaki, cuci helm, dan atasi karat pada besi dapat membantu rumah Anda tampak bersih dan rapi. Rayap pun minder dan gak bikin perabotan rusak.

Cara Membasmi Rayap Secara Efektif

Rumah yang memiliki elemen kayu pada interior dan eksteriornya, biasanya membutuhkan perawatan yang lebih. Di negara tropis seperti Indonesia, kayu bermusuhan dengan rayap. Bahaya rayap kayu terkadang bisa membuat rumah menjadi mudah rapuh. Oleh sebab itu, perlunya membasmi rayap sekaligus berantas jentik nyamuk agar rumah terasa lebih nyaman. Nah, cara hilangkan rayap yang paling efektif akan diuraikan di bawah ini.

1. Lindungi Rumah Kayu dari RayapUntuk poin nomor satu Anda mesti pastikan tidak ada sudut dan lubang yang terlewat saat menyemprotkan desinfektan. Pengertian desinfektan sendiri yaitu bahan kimia untuk membasmi kuman penyakit. Selain itu, Anda juga sebaiknya mencari tahu bagaimana cara buat pupuk kompos sebagai bentuk kepedulian lingkungan.
Karena membuat kompos dapat membantu mengusir rayap dan bahaya bakteri e coli serta bagian dari cara alami usir lalat. Tips buat pupuk kompos yang paling mudah dengan memanfaatkan sampah organik. Proses pembuatan pupuk kompos sebenarnya memanfaatkan bakteri yang ada pada sampah organik tersebut.

2. Rayap Paling Suka di Tempat LembabHabitat rayap yaitu di tempat yang gelap dan lembab. Untuk mengatasi perabotan keropos dan atasi karat, sebaiknya jemur semua perabotan yang terbuat dari kayu agar tidak lembab. Selain itu, Anda bisa lakukan gerakan 3M plus untuk memperbaiki ventilasi udara agar cahaya matahari bisa masuk.

Karena rumah yang tidak lembab juga dapat mengatasi lalat dan usir lalat agar tidak berkembang biak. Jika rayap dirasa sudah sangat mengganggu, pindah lokasi rumah sebaiknya Anda pertimbangkan. Pindahan rumah terkadang menjadi solusi terbaik daripada rumah Anda habis dimakan rayap.

Berbicara udara yang lembab berpengaruh juga terhadap kualitas kain atau pakaian yang ada di rumah Anda, seperti bahan kain sifon. Sifat kain sifon yang sedikit kasar disukai oleh rayap.  Bahan sifon sebaiknya Anda pisahkan dengan pakaian yang lain, termasuk ketika mencuci baju. Karena noda baju sifon bisa dikatakan sangat rekat dibandingkan noda pada kain lain.

3. Rapikan Buku dan KertasKoleksi buku yang ada di rumah sebaiknya dibersihkan secara rutin. Karena menata rumah dan bersih merupakan bagian gerakan 3M. Gerakan 3M plus itu apa? 3M itu singkatan dari menutup, menguras, dan mengubur agar Anda terhindar dari penyakit yang disebabkan ketidak-rapian di rumah. Karena rumah yang rapi itu membantu usir nyamuk hingga telur nyamuk yang bersarang. Bahkan rumah yang sehat membantu usir nyamuk musim hujan yang biasanya udara lembab sangat disukai nyamuk.

4. Periksa Rumah Secara Rutin dengan Jasa Pest ControlAnda dapat menggunakan jasa pest control dalam rangka basmi rayap di rumah, cara usir nyamuk, dan cara mudah kutu kucing hilang. Secara tidak langsung jasa ini menjadi obat kutu kucing ampuh. Karena kutu kucing juga bagian dari hama atau serangga. Jika jasa pest control dirasa kurang berpengaruh terhadap hama kutu kucing, ada referensi obat kutu kucing sekaligus referensi obat kutu anjing yang lebih ampuh di pet shop atau apotek. Selain itu, alat usir nyamuk menjadi pilihan alternatif jika rayap di rumah Anda semakin banyak. Karena mengusir nyamuk dapat mencegah demam berdarah di rumah Anda.

5. Cara Sederhana Usir RayapBeberapa cara hemat air di rumah juga menjadi bagian dari cara usir rayap secara sederhana di rumah. Kemudian mengatasi air mampet agar udara di rumah tidak lembab. Solusi saluran air mampet tentu tukang air, karena ia lebih expert. Beberapa cara atasi saluran air ialah dengan membersihkan washtafel yang identik dengan tempat pembuangan sisa makanan. Cara hemat air di rumah juga merupakan bagian dari cara hidup sehat untuk usir rayap.  Tips mudah menghemat air tentu menggunakan air secukupnya saja.

Demikianlah cara efektif basmi rayap di rumah Anda. Pada intinya buatlah rumah Anda senyaman mungkin, misalnya dengan hilangkan karat, bau kaki hilang, dan membersihkan helm. Ketiga hal ini sekilas tidak ada hubungannya dengan rayap, padahal penyebab udara lembab salah satunya karena udara rumah yang tidak sehat. Jika karat besi hilang maka udara rumah setidaknya seimbang dan tidak lembab.
Sedangkan cara hilangkan bau pada kaki yaitu dengan rajin mencuci kaki. Karena udara rumah akan sangat terasa nyaman dengan hilang bau pada sepatu. Dengan demikian, kesimpulan dari cara membasmi rayap paling efektif yakni menyegarkan udara rumah agar tidak lembab. Karena udara yang lembab menjadi daya tarik utama rayap menyerang perabotan kayu di rumah Anda.

Untuk tambahan informasi saja, hilang jamur kaca mobil juga membantu sirkulasi udara mobil lebih nyaman dan terhindar dari rayap. Cara mengatasi jamur kaca pada mobil yaitu dengan produk pembersih kaca pada mobil. Nah, untuk referensi pembersih kaca mobil yang bagus dapat Anda googling saja. Selain itu, kacamata bersih juga berpengaruh terhadap kenyamanan udara di rumah. Karena barang yang kotor sudah dipastikan menyerap debu. Dalam hal ini, tips membersihkan kacamata secara rutin akan membantu udara pembawa debu sedikit demi sedikit hilang.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.