Indonesia Memiliki Tradisi Minum Teh, Disinilah Keberagaman Disatukan dengan Secangkir Teh

Indonesia Memiliki Tradisi Minum Teh, Disinilah Keberagaman Disatukan dengan Secangkir Teh


Walaupun kebiasaan minum teh identik dengan budaya Jepang dan Tiongkok, tidak berarti budaya minum teh tidak berkembang di Indonesia. Kebiasaan minum teh telah menjadi bagian dari keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Pada zaman penjajahan, kebiasaan minum teh hanya dapat dilakukan oleh orang-orang golongan bangsawan dan pejabat. Sedangkan masyarakat biasa tidak diperkenankan untuk mengkonsumsinya.

Dahulu ketika bertemu dengan bangsawan lainnya, orang-orang keturunan Belanda dan Inggris akan membuka pembicaraan dengan meminum teh. Komunikasi non verbal antara mereka juga akan tercipta setelah budaya minum teh ini dilakukan. Begitu pula di zaman sekarang, untuk membuat tamu dan relasi nyaman, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah memberikan minuman teh sebelum membuka pembicaraan.

Minum teh di Indonesia tentu tidak seperti Jepang yang penuh dengan aturan karena berkaitan dengan status sosial dan strata tertentu. Teh bagi masyarakat Indonesia merupakan minuman pokok yang cocok dikonsumsi oleh siapapun, kapanpun, dimanapun, bahkan disajikan dengan cara apapun. Artinya budaya minum teh di Indonesia mengindahkan keberagaman ras yang ada.

Hal ini terbukti dari fungsinya dimana dalam banyak acara adat pada zaman dahulu hingga sebagai minuman untuk tamu di zaman sekarang, teh tetap cocok untuk disajikan. Bahkan teh telah menjadi bagian dari masyarakat baik untuk minuman pendamping makanan, acara-acara besar, acara adat, sampai minuman kekinian tidak jauh dari yang namanya teh. Hal ini sebagai bukti bahwa teh dapat menyatukan keberagaman Indonesia.

Jenis Teh yang Biasa Diseduh oleh Masyarakat Indonesia

Perlu kita ketahui bahwa semakin kesini jenis teh semakin beragama dengan berbagai fungsi yang beragam pula. Dari yang semula sebatas minuman, bahkan kini teh sudah difungsikan sebagai minuman diet dan juga campuran jajanan ala-ala generasi milenial. Lalu apa saja sebenarnya jenis teh yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat yang ada di Indonesia? Penasaran? Simak penjelasannya ya!

1. Teh Hitam (Black Tea)
Jenis teh ini adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jika kita meminum es teh ketika makan ataupun membuat teh celup di dapur, maka jenis teh itulah yang disebut sebagai black tea. Warnanya hitam dan memiliki aroma serta rasa yang paling kuat diantara jenis teh yang lain. Maka tidak heran jika jenis ini adalah yang paling sering digunakan sebagai minuman sehari-hari.

Jika dilihat dari manfaat teh hitam bagi kesehatan, jenis ini memiliki senyawa polifenol yang mencegah penyakit jantung koroner, menghilangkan lemak dan kolesterol, serta sangat membantu kelancaran saluran pencernaan. Jadi kebiasaan minum teh setelah makan memberi efek yang positif untuk kesehatan ya.

2. Teh Hijau (Green Tea)
Teh yang sedang naik daun ini memang banyak digunakan bukan hanya sebagai minuman biasa namun juga campuran berbagai jenis jajanan. Rasanya juga cocok dipadu padankan dengan berbagai rasa yang lain. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam sehingga wajar saja jika harganya jauh lebih mahal.

Khasiat teh hijau bagi kesehatan adalah menjaga daya tahan tubuh serta membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, aromanya juga dapat digunakan sebagai aromaterapi. Bahkan teh ini juga terbukti berhasil untuk digunakan selama proses diet.

3. Teh putih (White Tea)
Tidak seperti kedua jenis teh sebelumnya, jenis teh ini memiliki persediaan yang terbatas. Jadi wajar saja jika harganya menjadi mahal. Teh putih adalah jenis teh asli Indonesia yang ringan dan tidak banyak dilakukan pemrosesan. Bahannya adalah daun tanaman teh yang belum terbuka sepenuhnya sehingga masih berbentuk kuncup. Warnanya lebih pucat dibandingkan dengan teh hitam.

4. Teh tarik
Jenis teh yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini sudah bukan minuman teh murni. Hal ini dikarenakan teh tarik sudah bercampur dengan susu. Campuran susunya membuat rasa dari teh semakin nikmat. Minuman ini bukan hanya menjadi favorite di Indonesia namun juga Asia Tenggara.

Sehingga jangan kaget jika banyak kedai ataupun penjual minuman ini yang tersebar luas. Minat masyarakat terhadap minuman ini juga belum menurun dari waktu ke waktu bahkan semakin banyak inovasinya. Bahkan muncul juga generasi penerusnya seperti Tai Tea dan minuman teh kekinian lainnya termasuk teh tarik sachet yang bisa kita buat sendiri di rumah.

5. Teh Lemon
Mirip dengan minuman sebelumnya, lemon tea adalah percampuran antara minuman teh dengan tambahan lemon. Rasanya manis segar sehingga cocok digunakan sebagai teman minum saat makan di siang hari. Kandungan lemon juga baik untuk tubuh.

6. Es Teh Campur 
Kata siapa teh hanya dapat dinikmati begitu saja. Kini banyak dijual es campur dengan tambahan minuman teh. Penasaran kan bagaimana rasanya ? Tentu saja rasa manis, gurih, dan segar menjadi perpaduan dari minuman ini. Kamu bisa mencoba membuatnya dirumah ya. 

Demikian pembahasan mengenai jenis dan budaya teh di Indonesia. Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.