Balas Dendamlah!!! Dengan Taubat dan Menjadi Lebih Baik


Balas Dendamlah!!! Dengan Taubat dan Menjadi Lebih Baik


Dari tulisan yang ada di gambar tersebut, kita mungkin sering mendengar, melihat maupun membaca nya di sebuah artikel atau di acara motivasi bahkan juga di ceramah ceramah agama. Dari kalimat tersebut “ Balas Dendam Terbaik Adalah Menjadikan Dirimu Lebih Baik” yang mempunyai arti yang sangat luas, sangat dalam artinya. Namun untuk pengingat diri atau  Muhasabah Diri. Mari kita telah kata-kata yang ada di kalimat tersebut.

Balas Dendam
Mungkin kata Balas Dendam itu identik dengan seperti halnya ingin membalas perlakuan orang lain yang jahat kepada kita dengan kejahatan pula, di sinilah bentuk sebuah kiasan yang terukir dari Islam, dimana balas dendam apabila ada orang lain melakukan kejahatan kepada kita, kita tidak harus  membalas nya dengan kejahatan pula, tapi dengan cara baik dan santun. Jika itu terjadi kepada kita akibat kesalahan kita, maka kita membalas nya dengan cara beistighfar, bertaubat dengan tidak mengulang kesalahan yang sama lagi. Dimulai mengakui kesalahan kita, dan kemudian meminta ampun kepada Tuhan atas apa yang kita lakukan. Jika itu berhubungan dengan orang lain, maka kita terlebih dahulu meminta maaf kepada orang yang tersakiti akibat perbuatan kita. Meski orang tersebut tidak mau memaafkan karena kesalahan yg kita buat terlalu menyakitkan orang, namun Tuhan akan mencatat nya dari Niat kita ingin memperbaiki diri dan di situlah awal langkah kita untuk bertaubat.


Baca Juga : Jangan Hanya Menilai Orang Dari Luar

Terbaik
Kata ini sederhana, hanya sekata, namun penuh makna. Kita sama sama mengetahui yang artinya Baik  adalah berbuat baik atau jadi orang baik. Namun ada tambahan huruf di depan nya yaitu Ter, sebuah penekanan bahwa jadi orang baik saja tidak cukup, tapi jadilah orang atau bersikap baik lah dari yang baik lainnya. Artinya, dengan sudah bertaubat atau mengakui kesalahan di masa lalu, maka kita berusaha memperbaiki diri yang dulu kurang baik menjadi lebih baik bahkan menjadi yang terbaik.




Baca Juga : Jadilah Pribadi Yang Lebih Baik

Dirimu
Kata kunci terakhir adalah Dirimu, artinya ketika kita ingin membalas dendam (Bertaubat atau memperbaiki diri) dan kita berusaha jadi orang baik terakir yaitu dirimu dimana kata tersebut, segala sesuatu hal tersebut atau niatan terserbut dilandaskan atas dirimu sendiri, bukan orang lain, bukan karena pasangan, bukan karena upah atau bayaran. Namun semuanya dilandaskan Keinginan dari Hati  diri sendiri untuk melangkah dan berubah jadi lebih baik.

Dengan kutipan kalimat di atas tadi, baik saya yang menulis artikel ini maupun para sahabat yang membaca, mari kita sama sama memperbaiki diri, terutama kawan kawan yang muslim, pasti sudah mengerti akan hal itu, ingatlah sebuah pepatah “Kemuliaan letak nya dalam ketaatan dan Kehinaan letaknya dalam kemaksiatan”.

Di kutip dari perkataan Ali Bin Abi Thalib

Posting Komentar

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.